Alur dan Tujuan Pembelajaran SMA dan DIKSUS

Alur dan Tujuan Pembelajaran SMA dan DIKSUS Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.
Dimana silabus dapat dikembangkan dengan menggunakan atau mengadaptasi ATP yang disediakan oleh pemerintah maupun alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan secara mandiri.

Alur dan Tujuan Pembelajaran SMA Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.

Bagaimana mengembangkan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) ?

Satuan Pendidikan dapat mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta keterkaitannya dengan capaian pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda. 

ATP diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP)  yang merupakan bagian dari elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru. 

Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel agara dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran. 

Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak seharusnya dipisahkan.

CP kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013, dimana CP disusun perfase sebagai upaya  penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi. 

Penyusunan CP per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. tingkat pencapaian dilihat dari hasil asesmen atau hasil tes diagnostik peserta didik yang dilakukan guru di awal pembelajaran, atau diawal semester.

Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

Download Alur dan Tujuan Pembelajaran SMA dan DIKSUS Kurikulum Merdeka

Berikut ini contoh Alur dan Tujuan Pembelajaran SMA dan  (DIKSUS) Pendidikan Khusus kurikulum merdeka, yang bisa sobat GS jadikan rujukan dan memodifikasinya sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi :
No Mata PelajaranUnduh Disini
1Bahasa Indonesia Unduh
2Bahasa InggrisUnduh
3Bahasa ArabUnduh
4Bahasa JepangUnduh
5Bahasa PerancisUnduh
6Bahasa KoreaUnduh
7Bahasa JermanUnduh
8Bahasa MandarinUnduh
9MatematikaUnduh
10InformatikaUnduh
11BiologiUnduh
12FisikaUnduh
13KimiaUnduh
14GeografiUnduh
15EkonomiUnduh
16SejarahUnduh
17SosiologiUnduh
18Pend Agama Budha & Budi Pekerti Unduh
19Pend Agama Islam & Budi Pekerti Unduh
20Pend Agama Katolik & Budi Pekerti  Unduh
21Pend Agama Kristen & Budi Pekerti Unduh
22Pend Agama Khonghucu & Budi Pekerti  Unduh
23Pend Kepercayaan  kepada Tuhan YME Unduh
24Penjas PJOKUnduh
25PPKNUnduh
26Seni MusikUnduh
27Seni RupaUnduh
28Seni TariUnduh
29Seni TeaterUnduh
30Pendidikan Khusus MatematikaUnduh
31Pendidikan Khusus keterampilan (TIK)Unduh
32Pendidikan Khusus PPKNUnduh
33Pendidikan Bahasa IndonesiaUnduh

Demikian Alur dan Tujuan Pembelajaran SMA dan DIKSUS (Pendidikan Khusus)  Kurikulum Merdeka.
Semoga Bermanfaat.