Alur dan Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka

Alur dan Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.

Silabus dapat dikembangkan dengan menggunakan atau mengadaptasi ATP yang disediakan oleh pemerintah maupun alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan secara mandiri.

Alur dan Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka | Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan.

Bagaimana mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) ?

Satuan Pendidikan dapat mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta keterkaitannya dengan capaian pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda. 

ATP diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP)  yang merupakan bagian dari elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru. 

Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel agara dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran. 

Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak seharusnya dipisahkan.

CP kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013, dimana CP disusun perfase sebagai upaya  penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi. 

Penyusunan CP per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. tingkat pencapaian dilihat dari hasil asesmen atau hasil tes diagnostik peserta didik yang dilakukan guru di awal pembelajaran, atau diawal semester.

Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.

Download Alur dan Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka

Berikut ini contoh Alur dan Tujuan Pembelajaran SD kurikulum merdeka, yang bisa sobat GS jadikan rujukan dan memodifikasinya sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi :
No Mata PelajaranUnduh Disini
1Bahasa Indonesia Unduh
2Bahasa InggrisUnduh
3MatematikaUnduh
4IPAUnduh
5Pend Agama Budha & Budi Pekerti Unduh
6Pend Agama Hindu & Budi Pekerti Unduh
7Pend Agama Islam & Budi Pekerti Unduh
8Pend Agama Katolik & Budi Pekerti  Unduh
9Pend Agama Kristen & Budi Pekerti  Unduh
10Pend Agama Khonghucu & Budi Pekerti  Unduh
11Pend Kepercayaan  kepada Tuhan YME Unduh
12Penjas PJOKUnduh
13PPKN Unduh
14Seni MusikUnduh
15Seni RupaUnduh
16Seni TariUnduh
17Seni TeaterUnduh

Demikian Alur dan Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum merdeka yang bisa anda download.

Semoga Bermanfaat.