Usia remaja adalah fase rawan dalam perkembangan mental anak. Memasuki masa remaja seorang anak memasuki masa pancaroba atau masa perubahan sikap dan perilaku yang sangat drastis. Masa ini biasa disebut masa badai, yaitu masa-masa di mana seorang anak mengalami guncangan mental yang sangat berat. Anak-anak yang kurang siap memasuki fase ini sering kali mengalami krisis jati diri yang membuat hari-hari mereka diliputi oleh kegalauan, sehingga mudah emosi, tersinggung, memberontak atau sebaliknya menutup diri, hingga melakukan hal-hal di luar nalar.
Tidak mengherankan bila sebagian anak kadang mengalami perubahan drastis, dari yang biasanya pendiam menjadi sangat aktif, tadinya betah di rumah menjadi gemar keluar, ceria menjadi pemurung, tenang menjadi pemarah, lembut menjadi kasar, penurut menjadi pemberontak dan sebagainya. Perubahan dari anak-anak menjadi remaja dan setengah dewasa mendorong anak mencari jati dirinya yang baru melalui berbagai cara, terutama melalui proses imitasi terhadap lingkungan. Kebanyakan anak mulai mengidolakan hal-hal di luar dirinya dan kebiasaan keluarganya, yang karenanya lingkungan terdekat sering kali menjadi penentu bentukan karakter anak pada masa selanjutnya.
Masa pancaroba dapat dilalui dengan �aman� bagi orang tua yang memiliki cukup waktu untuk tetap menjaga kedekatan dengan anak-anaknya, mendampingi dan mengarahkan anak di fase perubahan sikap dan perilaku tersebut. Anak-anak seperti ini biasanya tumbuh secara normal dan terus berkembang menjadi manusia dewasa yang minimal tanpa �membuat masalah� yang berarti, serta dapat meraih sukses seperti harapan orang tuanya.
Masalahnya, tidak sedikit orang tua yang karena kesibukan dan berbagai alasan justeru semakin berjarak dari anak-anaknya. Banyak orang tua yang bahkan kehilangan kendali atas perkembangan sikap dan perilaku anak di masa pancaroba, sehingga anak tumbuh dengan sikap, perilaku dan orientasi yang jauh dari harapan orang tua. Selain itu, anak-anak dengan tiper kepribadian tertentu memang sudah mempunyai potensi untuk tumbuh di luar harapan orang tua. Mereka bahkan sudah dapat diidentifikasi sejak awal, yaitu di fase akhir masa anak-anak, terutama kelas V dan VI SD, yang secara umum dibedakan ke dalam beberapa kategori: Prestasi, Potensial, Rawan dan Labil.
1. Prestasi
Termasuk dalam kategori ini adalah anak-anak yang memiliki karakter kuat, yang ditandai dengan sikap mandiri, visioner, fokus di bidang akademik atau vokasional. Anak-anak seperti ini secara konstan biasanya berprestasi menonjol di sekolah, sejak kelas masuk sekolah sampai lulus sekolah. Pasang surut prestasinya tidak terlalu signifikan.
Anak-anak seperti ini bisa masuk sekolah jenis apa saja, baik sekolah konvensional, unggulan atau yang menyelenggarakan program khusus. Kesiapan mentalnya memungkinkan beradaptasi secara dinamis dengan tuntutan akademik dan vokasional di jenjang yang lebih tinggi.
2. Potensial
Anak potensial adalah anak-anak yang sebenarnya memiliki prestasi rata-rata di sekolah, tetapi memiliki kesiapan mental yang cukup baik. Mereka adalah anak-anak yang sudah mandiri, paham dengan tugas perkembangannya dan mampu membedakan yang baik dan yang buruk, dan kecil kemungkinan akan terpangaruh sikap, perilaku dan perangai negatif.
Mereka anak-anak yang tahu diri untuk menjaga nama baik orang tua dan berusaha keras membuat orang tuanya bangga dengan prestasi-prestasinya, tetapi karena keterbatasan kemampuan berfikir bawaannya, membuat prestasi akademiknya hanya sampai pada level rata-rata. Meski demikian, mereka masih mempunyai peluang untuk berprestasi menonjol terutama di bidang-bidang non-akademis.
3. Rawan
Ini adalah kategori anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus dari orang tua dan guru. Anak-anak tipe ini sebenarnya memiliki kemampuan akademis dan vokasional yang baik, tetapi kesiapan mentalnya belum memadai dalam memasuki masa remaja. Pola asuh dan lingkungan sosial yang kurang positif membuat mental anak rawan terpengaruh oleh hal-hal negatif dan merugikan.
Anak-anak tipe ini dapat berkembang menjadi anak potensial atau bahkan prestasi bila mampu melampaui masa remaja secara sehat. Sebaliknya, anak-anak seperti ini dapat berkembang menjadi anak labil bila pematangan mentalnya tidak terfasilitasi dengan baik.
4. Labil
Anak tipe terakhir ini tidak selalu memiliki orientasi dan prestasi akademis rendah. Sangat boleh jadi sebagian dari mereka sebenarnya memiliki kecerdasan tinggi. Hanya saja karena pola asuh, kondisi keluarga atau trauma-trauma tertentu membuat mereka memiliki mental yang rapuh. Anak-anak korban perceraian, anak yang karena suatu alasan dititipkan pengasuhannya pada kakek-nenek atau orang lain, serta korban kekerasan adalah sebagian di antara anak-anak yang terkategori labil.
Anak-anak tipe ini membutuhkan pendampingan khusus agar mampu melewati masa remaja dengan mental yang kuat. Anak-anak tipe ini seharusnya belajar di sekolah yang mampu memberi perhatian lebih terhadap perkembangan mentalnya. Bila dimasukkan ke sekolah konvensional, mereka akan cenderung kurang mendapat perhatian sehingga dengan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekitarnya. Pada kasus-kasus tertentu, anak-anak tipe ini dapat melakukan hal-hal tidak terduga baik yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Atas dasar itulah, pilihan jenjang pendidikan lanjutan untuk anak seyogyanya dilakukan dengan memperhatikan karakteristik setiap anak. Untuk anak-anak tipe Prestasi dan Potensial dapat memilih sekolah manapun, meski tetap menuntut perhatian dan kedekatan lebih dari orang tuanya. Hal ini dikarenakan masa remaja bagaimanapun merupakan fase rawan, masa badai, yang tak seorangpun mampu menduga apa yang akan terjadi dan dihadapi oleh anak-anak kita.
Khusus, untuk anak-anak tipe rawan, seyogyanya dimasukkan ke sekolah-sekolah yang memberikan pelayanan lebih (plus), yang umumnya adalah sekolah-sekolah swasta. Hal ini dimaksudkan agar perkembangan mental mereka teradvokasi dengan baik, sehingga mereka mampu meraih masa depannya secara gemilang.