Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT Tuhan sekalian alam. NikmatNya yang begitu �deras� mengalir mengantarkan manusia pada �hilir� kesadaran bahwa kasih yang Dia limpahkan bersifat universal menembus �belukar� sekat suku, agama, ras antar golongan juga adil kepada mereka yang patuh maupun yang inkar.
Sebagai ajaran agama yang sempurna, Islam harus di-ejawentahkan (dilaksanakan) dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompokkan menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari sesuai dengan jenjangnya.
Pengelompokkan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan madrasah dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di dalamnya dikhususkan pada peminatan Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya (IIBB) serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: a). Al-qur�an Hadis, b). Akidah Akhlak, c). Fikih, d). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a). Tafsir- Ilmu Tafsir, b). Hadis ilmu Hadis, c). Fikih-Ushul Fikih, d). Ilmu Kalam, e). Akhlak. Kemudian dalam upaya mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta Bahasa Arab.
Sebagi komitmen untuk menyiapkan generasi emas anak sholeh dan sholihah, mulai tahun ajaran 2014-2015 seluruh Madrasah dibawah pembinaan Kementerian Agama RI telah siap melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk keperluan dimaksud, maka secara legal formal Kementerian Agama RI telah
menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Kurikulum 2013 yang berisi Kerangka Dasar Kurikulum Madrasah 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi Inti, Standar Proses dan Standar Penilaian.
Pada saat yang sama sebagai panduan implementasi kurikulum madrasah 2013, Kementerian Agama telah menyiapkan model silabus Pembelajaran PAI di Madrasah, menerbitkan buku pegangan siswa dan buku pedoman guru. Kehadiran buku ditangan peserta didik dan guru menjadi kebutuhan pokok untuk menerapkan kurikulum Madrasah 2013.
Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, �Ma la yatimmu al-wajib illa bihi fahuwa wajib� (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyediakan sarana
pendukungnya, salah satu diantaranya buku ajar. Karena itu buku pedoman guru dan pegangan siswa ini disusun dengan pendekatan ilmiah (scienti?ic approach) yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Akhirnya, semoga buku ini mampu menjadi �jembatan� antara harapan dengan cita-cita tujuan pendidikan Islam secara khusus dan pendidikan nasional secara umum yakni membentuk manusia Kaffah (utuh) yang memiliki tidak saja kecerdasan intelektual, namun kecerdasan sosial ditengah kompleksitas kehidupan umat manusia. Amin.
Download File
Download Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2019 Bahasa Arab Kelas 10 Jenjang MA, Belum Terbit, Sebagai Referensi Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2017 Dibawah ini:
Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2017 Bahasa Arab Kelas 10 Jenjang MA,
- Silabus B.Arab Kelas 10 Smtr 1 K13 Revisi 2017, Unduh
- Silabus B.Arab Kelas 10 Smtr 2 K13 Revisi 2017, Unduh
- RPP B.Arab Kelas 10 Smtr 1 K13 Revisi 2017, Unduh
- RPP B.Arab Kelas 10 Smtr 2 K13 Revisi 2017, Unduh
- KKM B.Arab Kelas 10 Smtr 1 K13 Revisi 2017, Unduh
- KKM B.Arab Kelas 10 Smtr 2 K13 Revisi 2017, Unduh
- Prota B.Arab Kelas 10 K13 Revisi 2017, Unduh
- Prosem B.Arab Kelas 10 Smtr 1 K13 Revisi 2017, Unduh
- Prosem B.Arab Kelas 10 Smtr 2 K13 Revisi 2017, Unduh
- Pemetaan B.Arab Kelas 10 K13 Revisi 2017, Unduh