Inilah 3 Model Supervisi Pendidikan Pdf Yang Dapat Anda Lakukan


INI 3 Model Supervisi Pendidikan PDF Yang Bisa Anda Lakukan - Berdasarkan bagaimana cara memahami atau memastikan masalah, darimana datanya diperoleh dan dengan cara apa\ memperbaikinya, maka dibedakan tiga model supervisi pembelajaran, yaitu model saintifik, model artistik dan model Klinis. Berikut ialah klarifikasi terkena ketiga model supervisi pembelajaran tersebut.

1. Model Supervisi Saintifik / Ilmiah

Menurut Sahertian (2008) model supervisi ilmiah ialah sebuah model supervisi yang dipakai oleh supervisor untuk menjaring data atau informasi dan menilai kinerja kepala sekolah dan guru dengan cara membuatkan angket. Supervisi yang bersifat ilmiah mempunyai ciri- ciri sebagai diberikut:

  • Dilaksanakan secara berencana dan berkelanjutan.
  • Sistematis dan memakai mekanisme serta metode tertentu
  • Menggunakan instrumen pengumpulan data
  • Dapat menjaring data yang obyektif

2. Model Supervisi Artistik

Model supervisi artistik menuntut seorang supervisor dalam melakukan tugasnya harus berpengetahuan, berketerampilan, dan mempunyai sikap arif. Seperti diungkapkan oleh Jasmani dan Mustofa (2013; 31) mode l supervisi artistik mendasarkan diri pada bekerja untuk orang lain (working for the other), bekerja dengan orang lain (working with the other), dan bekerja melalui orang lain (working through the other).

Oleh alasannya ialah itu, pelaksanaan supervisi tentunya mengandung nilai seni (art). Menurut Sergiovanni model supervisi artistik mempunyai beberapa karakteristik, antara lain:

  • Memerlukan perhatian biar lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara.
  • Memerlukan tingkat pengetahuan yang cukup.
  • Mengutamakan derma yang unik dari guru- guru dalam rangka mengembangkan pendidikan bagi generasi muda
  • Menuntut untuk memdiberi perhatian lebih banyak terhadap proses kehidupan kelas.
  • Memerlukan suatu kemampuan berkomunikasi yang baik dalam cara mengungkapkan apa yang dimiliki terhadap orang lain yang sanggup membuat orang lain menangkap dengan terang ciri lisan yang diungkapkan itu.
  • Memerlukan kemampuan untuk menafsirkan makna dari bencana yang diungkapkan

3. Model Supervisi Klinis

Menurut Acheson dan Gall (1987), supervisi Klinis ialah sebuah model alternatif dari supervisi yang lebih interaktif, demokratis, dan berpusat pada kebutuhan guru. Supervisi Klinis ini intinya ialah training performansi guru mengelola proses berguru mengajar (Cogan, 1973).

Karakteristik supervisi Klinis berdasarkan Mulyasa (2004:112) yaitu:

  • Supervisi didiberikan berupa menolongan (bukan perintah) sehingga inisiatif tetap berada di tangan guru
  • Aspek yang disupervisi berdasarkan seruan guru, yang dikaji bersama kepala sekolah sebagai supervisor untuk dijadikan kesepakatan.
  • Instrumen dan metode observasi dikembanganka bersaa oleh guru dan kepala sekolah.
  • Mendiskusi dan menafsirkan hasil pengamatan dengan menlampaukan interpretasi guru.
  • Adanya penguatan dan umpan balik d ari kepala sekolah sebagai supervisor teerhadap perubahan sikap guru yang faktual sebagai hasil pembinaan.
  • Supervisi dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan suatu keadaan dan memecahkan suatu masalah.

Tahap - tahap Supervisi Klinis
Supervisi Klinis terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pertemuan pertama (Pre -Observational Conference), tahap observasi pembelajaran (Observation) dan tahap pertemuan akhir/ balikan (post- observational Conference). Tahapan ini lebih lanjut akan dijelaskan pada tahap pelaksanaan (lihat gambar diatas).

Download 3 Model Supervisi Pendidikan PDF


Selengkapnya bisa anda download pada link diberikut ini:
Download

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaa dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan ke depan.