Penggunaan LKS sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran, sehingga seperti penggunaan Lomba Kompetensi Siswa sanggup menggantikan kedudukan seorang guru. Hal ini sanggup dibenarkan, apabila Lomba Kompetensi Siswa yang dipakai tersebut merupakan Lomba Kompetensi Siswa yang berkualitas baik. Lomba Kompetensi Siswa dikatakan berkualitas baik jikalau memenuhi syarat (Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis, 1992 : 41-46) sebagai berikut :
a. Syarat-syarat Didaktik
LKS sebagai salah satu bentuk sarana PBM haruslah memenuhi persyaratan didaktik, artinya Lomba Kompetensi Siswa harus mengikuti asas-asas belajar-mengajar yang efektif, yaitu :
1) Memperhatikan adanya perbedaan individual.
2) Tekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep.
3) Memiliki variasi stimulus melalui banyak sekali media dan aktivitas penerima didik.
4) Dapat membuatkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral, dan estetika pada diri penerima didik.
5) Pengalaman belajarnya ditentukan oleh tujuan pengembangan langsung penerima didik dan bukan ditentukan oleh materi materi pelajaran.
2) Tekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep.
3) Memiliki variasi stimulus melalui banyak sekali media dan aktivitas penerima didik.
4) Dapat membuatkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral, dan estetika pada diri penerima didik.
5) Pengalaman belajarnya ditentukan oleh tujuan pengembangan langsung penerima didik dan bukan ditentukan oleh materi materi pelajaran.
b. Syarat-syarat Konstruksi
Syarat konstruksi ialah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa-kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakikatnya haruslah sempurna guna dalam arti sanggup dimengerti oleh pengguna yaitu penerima didik.
1) Menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan penerima didik.
2) Menggunakan struktur kalimat yang jelas.
3) Memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan penerima didik.
4) Hindarkan pertanyaan yang terlalu terbuka.
5) Tidak mengacu pada buku sumber yang di luar kemampuan keterbacaan penerima didik.
6) Menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada penerima didik untuk menuliskan tanggapan atau menggambar pada LKS.
7) Menggunakan kalimat yang sederhana dan pendek.
8) Menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata.
9) Dapat dipakai untuk semua penerima didik, baik yang lamban maupun yang cepat.
10) Memiliki tujuan berguru yang terang serta bermanfaat sebagai sumber motivasi.
11) Mempunyai identitas untuk memudahkan administrasinya.
2) Menggunakan struktur kalimat yang jelas.
3) Memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan penerima didik.
4) Hindarkan pertanyaan yang terlalu terbuka.
5) Tidak mengacu pada buku sumber yang di luar kemampuan keterbacaan penerima didik.
6) Menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada penerima didik untuk menuliskan tanggapan atau menggambar pada LKS.
7) Menggunakan kalimat yang sederhana dan pendek.
8) Menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata.
9) Dapat dipakai untuk semua penerima didik, baik yang lamban maupun yang cepat.
10) Memiliki tujuan berguru yang terang serta bermanfaat sebagai sumber motivasi.
11) Mempunyai identitas untuk memudahkan administrasinya.
c. Syarat-syarat Teknis
1) Menggunakan aksara cetak dan tidak memakai aksara Latin atau Romawi.
2) Gunakan aksara tebal yang agak besar untuk topik, bukan aksara biasa yang diberi garis bawah.
3) Gunakan tidak lebih dari 10 kata dalam satu baris.
4) Gunakan bingkai untuk membedakan kalimat perintah dengan tanggapan penerima didik.
5) Usahakan perbandingan besarnya aksara dengan besarnya gambar serasi.
2) Gunakan aksara tebal yang agak besar untuk topik, bukan aksara biasa yang diberi garis bawah.
3) Gunakan tidak lebih dari 10 kata dalam satu baris.
4) Gunakan bingkai untuk membedakan kalimat perintah dengan tanggapan penerima didik.
5) Usahakan perbandingan besarnya aksara dengan besarnya gambar serasi.
d. Langkah-Langkah Penulisan LKS
- Melakukan analisis kurikulum; standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan materi pembelajaran.
- Menyusun peta kebutuhan LKS
- Menentukan judul LKS
- Menulis LKS
- Menentukan alat penilaian
e. Struktur LKS
Adapun struktur Lomba Kompetensi Siswa secara umum yaitu sebagai berikut :
- Judul, mata pelajaran, semester, dan tempat
- Petunjuk belajar
- Kompetensi yang akan dicapai
- Indikator,
- Informasi pendukung
- Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
- Penilaian
Sumber https://wirahadie.com