23 KRITERIA GURU IDAMAN & 10 KRITERIA GURU PROFESIONAL
23 KRITERIA GURU IDAMAN
A. RAMAH & RIANG
- Murah senyum, menyapa, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan penuh perhatian dan hormat terhadap komentar siswa.
- Menceritakan leucon, tertawa bersama siswa
B. PENUH KEAKRABAN
Pandai membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa, berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung
C. BERWIBAWA & PERCAYA DIRI
- Menerapkan tata tertib belajar yang jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan suara lantang dan jelas.
- Berbicara jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar
D. RENDAH HATI & PEDULI
D. RENDAH HATI & PEDULI
- Mengakui kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak merendahkan perestasi/sukses orang.lain
- Menghargai karya siswa yang baik,. membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa yang tinggi
E. HORMAT/MENGHARGAI
Tidak melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta, tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa
F. PENDENGAR YANG BAIK
Tidak memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan yang diajukan siswa
G. PROFESIONAL DALAM PENAMPILAN
Berpakaian rapih, bersih, tidak kusut, dan kotor
H. ANTUSIAS DALAM MENGAJAR
Murah senyum saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu
I. MENGELOLA WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK
Tiba tepat waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu
J. KREATIF & MENARIK
Melakukan eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan tidak monoton
K. KOMUNIKATOR EFEKTIF
Berbicara lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas dan relevan
L. MENETAPKAN SASARAN BELAJAR HARIAN
Menyiapkan dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
M. MELEK/TERAMPIL TEKNOLOGI
Mampu menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll
N. MENGUASAI MATERI AJAR
Mampu menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti
O. MENYAJIKAN INFORMASI TERKINI
Mengaitkan topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku, majalah, video dll) mutakhir
P. SELALU SIAP
Membawa benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)
Q. MERANGSANG DISKUSI
Mengajukan pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
R. MERANGSANG TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL
Mengajukan pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian, memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
S. MEMBERIKAN UMPAN BALIK KONSTRUKTIF
Memberi komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran
T. MENERAPKAN UJIAN YANG BERKEADILAN
Memberikan garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa
U. PEKA & TEGUH HATI
Meyakinkan diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru, memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
V. BERUSAHA MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK
Meminta umpan balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan dll), menggunakan metode mengajar tebaru
W. KESALINGMENGERTIAN
Mau menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.
E. HORMAT/MENGHARGAI
Tidak melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta, tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa
F. PENDENGAR YANG BAIK
Tidak memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan yang diajukan siswa
G. PROFESIONAL DALAM PENAMPILAN
Berpakaian rapih, bersih, tidak kusut, dan kotor
H. ANTUSIAS DALAM MENGAJAR
Murah senyum saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu
I. MENGELOLA WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK
Tiba tepat waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu
J. KREATIF & MENARIK
Melakukan eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan tidak monoton
K. KOMUNIKATOR EFEKTIF
Berbicara lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas dan relevan
L. MENETAPKAN SASARAN BELAJAR HARIAN
Menyiapkan dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran
M. MELEK/TERAMPIL TEKNOLOGI
Mampu menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll
N. MENGUASAI MATERI AJAR
Mampu menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti
O. MENYAJIKAN INFORMASI TERKINI
Mengaitkan topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku, majalah, video dll) mutakhir
P. SELALU SIAP
Membawa benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)
Q. MERANGSANG DISKUSI
Mengajukan pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran
R. MERANGSANG TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL
Mengajukan pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian, memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok
S. MEMBERIKAN UMPAN BALIK KONSTRUKTIF
Memberi komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran
T. MENERAPKAN UJIAN YANG BERKEADILAN
Memberikan garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa
U. PEKA & TEGUH HATI
Meyakinkan diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru, memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
V. BERUSAHA MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK
Meminta umpan balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan dll), menggunakan metode mengajar tebaru
W. KESALINGMENGERTIAN
Mau menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.
10 KRITERIA GURU PROFESIONAL
A. SELALU PUNYA ENERGI UNTUK SISWANYA
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama
B. PUNYA TUJUAN JELAS UNTUK PELAJARAN
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas
C. PUNYA KETERAMPILAN MENDISIPLINKAN YANG EFEKTIF
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas
D. PUNYA KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS YANG BAIK
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas
E. BISA BERKOMUNIKASI BAIK DENGAN ORANG TUA MURID
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua murid dan membuat mereka selalu mendapat informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya
F. PUNYA HARAPAN YANG TINGGI PADA SISWANYA
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka
G. PENGETAHUAN TENTANG KURIKULUM
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu
H. PENGETAHUAN TENTANG SUBYEK YANG DI AJARKAN
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif
I. SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK ANAK-ANAK DALAM PROSES PENGAJARAN
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa
J. PUNYA HUBUNGAN YANG BERKUALITAS DENGAN SISWA
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
J. PUNYA HUBUNGAN YANG BERKUALITAS DENGAN SISWA
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.