Capaian Pembelajaran Layanan Kesehatan

Capaian Pembelajaran Layanan Kesehatan | Membekali peserta didik kompetensi dalam pelayanan kesehatan tanpa diskriminasi, pemahaman tentang pelayanan prima kepada klien, teknik asesmen kebutuhan klien, penyusunan tahapan pekerjaan dan proses pelayanan, pelaksanaan pelayanan dan evaluasi hasil pelayanan.

Capaian Pembelajaran Layanan Kesehatan | Membekali peserta didik kompetensi dalam pelayanan kesehatan tanpa diskriminasi, pemahaman tentang pelayanan prima kepada klien, teknik asesmen kebutuhan klien, penyusunan tahapan pekerjaan dan proses pelayanan, pelaksanaan pelayanan dan evaluasi hasil pelayanan.

Capaian Pembelajaran Layanan Kesehatan

    A. Rasional Layanan Kesehatan

    Dasar-Dasar Layanan Kesehatan adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian layanan kesehatan. 

    Kompetensi ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki asisten tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan prima dan esensial terhadap individu, keluarga, dan masyarakat yang sehat maupun yang sakit mencakup hajat hidup manusia untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, serta langkah-langkah kerja dalam praktik layanan kesehatan.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Layanan Kesehatan membekali peserta didik dengan kemampuan melaksanakan kegiatan pelayanan sesuai dengan kebutuhan klien meliputi: pelayanan kesehatan tanpa diskriminasi, pemahaman tentang pelayanan prima kepada klien, teknik asesmen kebutuhan klien, penyusunan tahapan pekerjaan dan proses pelayanan, pelaksanaan pelayanan dan evaluasi hasil pelayanan.

    Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik yang memiliki keahlian pada bidang layanan kesehatan, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah. 

    Penguasaan kemampuan dasar-dasar layanan kesehatan akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi,
    metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Lebih mendalam tentang langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas silahkan cek pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    Melalui lingkup materi tersebut diharapkan dapat membentuk peserta didik menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak yang baik kepada sesama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif.

    B. Tujuan Layanan Kesehatan

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Layanan Kesehatan bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
    1. memahami proses bisnis secara menyeluruh dalam bidang layanan kesehatan yang meliputi penerimaan klien, identifikasi kebutuhan klien, perencanaan pemberian layanan, pelaksanaan pemberian layanan, evaluasi pemberian layanan;
    2. memahami perkembangan jenis-jenis layanan kesehatan serta perkembangan teknologi fasilitas dan peralatan layanan kesehatan;
    3. memahami profil healthpreneur, job profile, peluang usaha dan bekerja/profesi di bidang layanan kesehatan;
    4. memahami anatomi dan fisiologi manusia;
    5. memahami teknik dasar layanan kesehatan dengan layanan prima; dan
    6. memahami pertumbuhan dan perkembangan manusia;

    C. Karakteristik Layanan Kesehatan

    Pada hakikatnya mata pelajaran Dasar-Dasar Layanan Kesehatan berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga caregiver, asisten dental dan asisten keperawatan serta jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

    Oleh karena itu, dalam proses pembelajarannya memerlukan ketelitian, ketekunan, keramahan dan kesabaran dalam pemberian layanan kepada klien.

    Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, profil healthpreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Layanan Kesehatan meliputi elemen sebagai berikut.

    D. Capaian Pembelajaran Layanan Kesehatan

    Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik memiliki gambaran yang tepat dan
    menyeluruh mengenai program keahlian Layanan Kesehatan, peluang kerja
    setelah lulus antara lain menjadi asisten tenaga kesehatan, dan konsentrasi
    keahlian yang akan dipelajari di kelas XI dan XII, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. 

    Selain itu, peserta didik juga akan mampu memahami perkembangan lingkup pekerjaan layanan kesehatan tradisional maupun modern, termasuk isu dan moral dilema, prinsip etika dan etiket dalam pelayanan kesehatan, komunikasi interpersonal dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, keterampilan dalam bidang layanan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan manusia, anatomi fisiologi manusia, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

     

    Atau silahkan unduh capaian pembelajaran layanan kesehatan di link berikut ini :


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat