
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat suatu program yaitu Program Indonesia Pintar (PIP). Adapun program ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan taraf pendidiikan di Indonesia.
PIP tersebut dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP)
PIP ditujukan kepada anak usia sekolah dari keluarga miskin serta rentan miskin yang kini sedang mengikuti pendidikan formal ataupun nonformal.
Lewat program ini, para peserta didik dapat terbantu dalam membeli perlengkapan sekolah, diantaranya buku dan alat tulis.
Bantuan PIP disalurkan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan dicairkan dalam bentuk dana tunai.
Untuk tingkat SMA/SMK/MA/Paket C, setidaknya pemerintah berikan bantuan tunai sebesar Rp1.000.000 per tahun.
Lalu, bagaimana caranya memeriksa apabila kamu terdaftar ke dalam Program Indonesia Pintar (PIP) pemerintah?
Pertama, kamu hanya perlu login ke laman pip.kemdikbud.go.id, lalu klik 'Cek Penerima PIP'.
Setelah itu, kamu masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Tanggal lahir dan Nama Ibu Kandung Siswa.
Setelah memasukkan data tersebut, kamu dapat klik 'Cek Data', dan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal, serta bank penyalur.
Sementara untuk kamu yang sudah memasuki jenjang perguruan tinggi dan sedang berkuliah, kamu dapat memeriksanya di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
Sumber : Warta Pontianak
Sumber : Warta Pontianak