Penilaian ialah salah satu bab penting dalam pengelolaan pendidikan untuk mendapat info perkembangan penerima didik serta pencapaian standar kompetensi lulusan yang sudah diputuskan. Penilaian oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan berguru penerima didik serta untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Pola evaluasi yang berkarakter dibutuhkan sanggup menjadi pemandu pada proses pembelajaran sesuai tuntutan penilaian. Penilaian dengan soal HOTS akan memandu proses pembelajaran dengan memakai strategi, metode dan metode pembelajaran yang HOTS juga. melaluiataubersamaini demikian evaluasi bukan spesialuntuk untuk mengetahui bakteri berguru tapi juga memperbaiki mutu proses pembelajaran.
Penilaian oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan dan/atau salah satu penentu kelulusan penerima didik. Penilaian oleh pemerintah dan/atau forum sanggup bangun diatas kaki sendiri bertujuan untuk pemetaan dan penjaminan mutu pendidikan di suatu satuan pendidikan.
melaluiataubersamaini diterbitkan Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar ini, dibutuhkan menjadi salah satu panduan bagi pendidik, satuan pendidikan dan seluruh stakeholder madrasah dalam melakukan evaluasi hasil berguru di madrasah. Dan dalam panduan ini juga terdapat beberapa pola format evaluasi sebagai diberikut:
- misal Rekap nilai Pengetahuan dan Keterampilan
- misal Interpretasi Hasil Analisis
- misal hasil rekap evaluasi tematik
- misal penulisan Kompetensi perilaku pada raport
- misal perilaku KI-1 dan indikatornya
- misal perilaku KI-2 dan indikatornya
- misal Penilaian Produk
- misal Penilaian Proyek
- misal Tes Praktik Menghafal surah Al Kautsar
- misal soal bentuk uraian
- misal Soal Pilihan Ganda
- misal Penilaian Antar Teman
- misal Lembar Penilaian Diri memakai daftar cek (checklist) Pada kegiatan kelompok
- misal Jurnal Penilaian Sikap Sosial
- misal Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
- misal format dan pengisian jurnal guru mata pelajaran
Download Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Hasil Belajar Pada MI MTs
Selengkapnya bisa anda download pada link diberikut ini:Juknis Penilaian MI
Juknis Penilaian MTs
Penilaian otentik (authentic assessment) ialah proses pengumpulan dan pengolahan info untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik, yang dilakukan secara komprehensif yang mencakup ranah perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan dan keterampilan.
Penilaian otentik mempunyai relevansi berpengaruh terhadap pendekatan ilmiah (scientific approach), alasannya ialah evaluasi ini bisa menggambarkan peningkatan berguru penerima didik, baik dalam rangka mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan.
Penilaian otentik ialah pendekatan dan instrumen evaluasi yang mempersembahkan peluang luas kepada penerima didik untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang sudah dimilikinya dalam bentuk tugas-tugas: membaca dan meringkas, eksperimen, mengamati, survei, project, makalah, membuat multi media, membuat karangan dan diskusi kelas.
Hasil evaluasi otentik sanggup dipakai oleh pendidik untuk merencanakan kegiatan perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment), atau pelayanan konseling. Selain itu, hasil evaluasi otentik sanggup dipakai sebagai materi untuk memperbaiki proses pembelajaran yang memenuhi standar evaluasi pendidikan.
Hasil evaluasi pengetahuan dan keterampilan dianalisis untuk memperoleh info wacana pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil analisis dipakai untuk mengidentifikasi penerima didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) KD mata/muatan pelajaran. Bagi penerima didik yang belum mencapai KKM KD, pendidik hams menindaklanjuti dengan remedial, sedangkan bagi penerima didik yang sudah mencapai KKM KD, pendidik sanggup mempersembahkan pengayaan.
Sumber: Dirjen Pendis Kemenag