DOWNLOAD LATIHAN SOAL UN SMP/MTs 2017
Anda bisa mend0wnl0ad latihan soal un smp/mts 2017 dibawah ini :)
Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dan SMPLB tahun 2017 diperkirakan akan digelar sekitar ahad ketiga bulan April 2017 sd. selesai selama 4 (empat) hari. Pelaksanaannya yaitu pasca UN SMA/MA dan UN SMK/MAK yang dijadwalkan mulai sekitar ahad pertama / kedua bulan April 2017.
Untuk membantu para penerima Ujian Nasional tingkat SMP/MTs sederajat kami sampaikan latihan soal UN SMP/MTs yang sudah kami update dan bisa di d0wnl0ad secara gratis!
Berikut latihan soal UN SMP/MTs (Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah) tahun pelajaran 2016/2017, yang sudah bisa diunduh :
- Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Jawaban Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Pembahasan Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Latihan Soal IPA UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Pembahasan Latihan Soal IPA UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Latihan Soal Matematika UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
- Jawaban Latihan Soal Matematika UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
UN SMP/MTs merupakan abreviasi dari Ujian Nasional SMP (disingkat SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). SMP (disingkat SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia sehabis lulus Sekolah Dasar (atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 hingga kelas 9. Pada tahun anutan 1994/1995 hingga 2003/2004, sekolah ini pernah disebut sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).
Berdasarkan data Kemdikbud, pada tahun 2015 nilai rata-rata siswa SMP sebesar 62,18 persen, sedangkan pada tahun 2016 nilai rata-rata UN SMP senilai 58,57 persen atau turun 3,6 poin dari tahun lalu. Angka yang menurun tersebut berdasarkan Kemdikbud alasannya yaitu ada sekolah yang mengalami peningkatan nilai Indeks Integritas UN (IIUN) sebanyak 72 persen. Rinciannya sebanyak 21,16 persen sekolah yang mempunyai nilai IIUN yang naik yang diikuti nilai UN yang meningkat. Serta sebanyak 50,96 persen sekolah yang mempunyai IIUN (tingkat kejujurannya) naik tetapi nilai UN-nya turun. Kemudian ada 13,61 persen sekolah yang memakai kecurangan secara masif dan terstuktur dan 14,27 persen sekolah yang siswanya melaksanakan kecurangan secara individu.
Dengan kegiatan indeks integritas UN naik dan mendorong hasil UN terkoreksi sehingga semakin menggambarkan realita atau makin jujur di dalam penerapan. Tingkat kejujurannya naik maka nilai yang keluar lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. IIUN itu kecurangannya berkurang. Artinya praktek curang baik itu yang dikerjakan sistematis maupun one on one itu ada kesadaran, akibatnya saya lebih percaya dengan diri sendiri daripada orang lain di diri siswa SMP. Bisa jadi memang kegiatan percontekan secara sistematis menurun, ini suatu perkembangan faktual dalam bayangan Kemdikbud.
Kemdikbud menyebut dari hasil IIUN tersebut terlihat ada 42 persen siswa Indonesia bergotong-royong belum mencapai nilai standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, yakni masih di bawah 55. Sedangkan siswa yang mempunyai nilai rata-rata di atas 85 ada 4,04 persen atau 168 ribu siswa dan siswa yang mempunyai nilai 70 hingga 85 ada 837 ribu siswa.
Yang menerima angka di atas 85 itu ada 168 ribu siswa, siswa yang sanggup nilai 70-75 ada 837 artinya hampir 1 juta anak Indonesia yang bisa bersaing di tengah-tengah MEA, jikalau dibandingkan dengan jumlah lulusan sekolah menengah Singapura ada sekitar 40-45 ribu siswa per tahun dan jumlah lulusan siswa SMP Malaysia ada sekitar 400 ribu per tahun, jadi belum dewasa sekitar 1 juta orang yang bisa memasuki persaingan nanti kita tidak kalah dengan negara tetangga.
Pihak Kemdikbud mengapresiasi tempat yang mengambarkan peningkatan IIUN, tempat yang tertinggi yaitu Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau. Selanjutnya, soal UN nantinya akan lebih difokuskan pada soal kemampuan daypikir dan analisa, siswa dituntut untuk mempelajari soal sesuai dengan kurikulum bukan hanya berdasarkan kisi-kisi dari sekolah atau tempat les. Dengan adanya IIUN ini, angka yang di sanggup bisa dijadikan materi penilaian Kemdikbud kepada sekolah-sekolah untuk membina guru-guru dan anak murid di sekolahnya.
Semoga Latihan Soal Ujian Nasional SMP/MTs Tahun pelajaran 2016/2017 yang kami sampaikan sanggup membantu para siswa menghadapi ujian nasional tahun 2017. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!
Sumber:� Kemdikbud RI
� Unsmp.com