Dalam menghadapi tugas sehari � hari guru mengalami masalah nilai siswa yang masih belum mencapai ketuntasan belajar minimal. Selain itu juga, banyak ditemukan siswa kurang senang mengerjakan tugas � tugas yang diberikan oleh guru. Diakui selama ini pemberian tugas berkisar pada soal - soal yang menjenuhkan. Dari hasil angket tanggapan 60 % siswa merasa tidak ada penilaian yang jelas bagi lembaran tugas yang mereka kerjakan selama ini. Padahal guru berasumsi lembaran kerja dan lembaran tugas sangat penting bagi siswa untuk menemukan konsep � konsep di dalam proses pembelajaran.
Kenyataan dilapangan, guru hanya menggunakan satu sistem penilaian di dalam pembelajaran Fisika. Berarti guru mendominasi penilaian di dalam pembelajaran matematika. Berarti guru mendominasi penilaian dengan satu metode pengujian tes yakni tes kertas pensil yang hanya mengukur ingatan siswa terhadap informasi � informasi faktual dan prosedur � prosedur algoritma saja. Namun sebenarnya masih banyak situasi penilaian kelas, dimana guru juga membutuhkan tes yang lain untuk mendapatkan informasi tentang kemajuan siswanya.
Padahal saat ini, di dalam kurikulum Fisika telah dimasukkan tujuan � tujuan proses, dimana tes tertulis bisa diperlukan untuk menilai kinerja siswa. Proses ini merupakan bagian � bagian yang mendasar dalam pembelajaran Fisika. Salah satu sarana untuk mengukur penilaian kinerja itu adalah melalui penilaian alternatif.
Bila guru menginginkan siswa untuk menjadi pemecah masalah yang baik, maka siswa harus diajarkan bagaimana menganalisis, merumuskan dan memecahkan masalah. Selain kurikulum, guru dianggap sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan yang harus memiliki dua faktor yang dianggap menentukan keberhasilan siswa, yaitu : perencanaan dan perilaku. Upaya dan kerja keras sangat diperlukan, dengan demikian untuk memecahkan masalah ini perlu dilakukan suatu penilaian tindakan kelas yaitu melaksanakan perubahan penilaian yang berorientasi pada suatu alternatif penilaian yang dipilih, yaitu penilaian performens.
Penilaian alternatif merupakan penilaian yang mengukur relatif siswa dalam mencapai tujuan proses pengajaran.
Pengajaran yang menggunakan pemecahan masalah, menekankan komunikasi dan keterampilan � keterampilan berfikir kritis dan mencari hubungan antara konsep dengan kehidupan nyata merupakan tujuan pembelajaran. Hal ini tidak dapat diukur dengan kertas pensil, namun siswa harus bekerja untuk mencapainya secara kontinyu.
Dari uraian diatas, maka guru mengubah sistem pengajaran, yaitu dalam praktek penilaian. Karena melalui penilaian, guru akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang dapat mereka kerjakan dengan belajar Mata Pelajaran Fisika.
Dengan demikian untuk memecahkan masalah ini, maka perlu dilakukan suatu penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan penilaian yang berorientasi pada satu penilaian alternatif. Untuk menilai kemajuan siswa secara valid dan reliabel, sehingga membantu kita mengkomunikasikan kepada siswa tentang kemampuan mereka, artinya merupakan upaya bagi guru untuk hasil belajar siswa
Download File
Catatan Untuk Mendapatkan Password Winrar silakan Hubungi Nomor ini : 0853 8611 7714 ( SMS/WA )
Tags : Download Contoh Laporan PKP Dan Karya Ilmiah ( Karil ) Jurusan Biologi UT Non Pendas
Semoga bermanfaat.