Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan | : | X Aliyah |
Mata Pelajaran | : | Aqidah |
Kelas/Semester | : | X/1 |
Standar Kompetensi | : | Menguatkan Aqidah dengan memahami hakikat Islam, sumber, aspek, karakteristik dan ruang lingkupnya. |
Kompetensi Dasar | : | Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Aqidah Islam. |
Indikator | Menjelaskan pengertian Dinul Islam dan Aqidah Islam. | |
Alokasi Waktu | : | 15 menit (1 x pertemuan) |
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian Dinul Islam dan Aqidah Islam.
Materi Pembelajaran
- Pengertian Dinul Islam
- Pengertian Aqidah Islam
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi (Tanya jawab)
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memulai proses pembelajaran dengan mengucapkan salam.
- Guru bertanya kepada siswa mengenai pengetahuan mereka tentang dinul Islam dan Aqidah Islam.
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami hakikat Islam dan manfaatnya.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan pengertian dinul Islam dan Aqidah Islam dengan memaparkan ayat-ayat Al-Qur’an maupun Al-Hadits yang berkaitan dengan Aqidah Islam.
- Siswa membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang Aqidah Islam.
- Siswa menelaah materi yang telah dipaparkan oleh guru.
Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
- Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Aqidah untuk kelas X Aliyah, yang diterbitkan oleh Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
· Mushaf Al-Qur’an.
· Sumber lain yang terkait.
Penilaian
Teknik
- Tes tertulis
Bentuk Instrumen
- Tes uraian
Instrumen
1. Jelaskan pengertian dinul Islam! 2. Jelaskan pengertian Aqidah Islam! |
Yogyakarta, ........................ 2011 M
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Aqidah
________________ ___________________
NIP. NIP.
Saran Kepala Sekolah:
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................