LAPORAN OBSERVASI DI DTA AL-HUDA CITEUREUP KAWALI CIAMIS

BAB I

PROFIL DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HUDA

DUSUN/DESA CITEUREUP KECAMATAN KAWALI

KABUPATEN CIAMIS


  1. LETAK GEOGRAFIS


Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah al huda terletak di RT 02 RW 01 Dusun/desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis provinsi Jawa Barat, kurang lebih 30 km dari ibu kota ciamis.


  1. SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH


Pendidikan agama merupakan sektor yang paling penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berguna bagi suatu bangsa. namun demikian, tidak adanya suatu lembaga non formal yang menampung anak-anak usia sekolah dasar untuk mengikuti pendidikan agama islam khusisnya di Dusun/desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis telah bermusyawarah melalui organisasi yaitu DKM Al Barokah untuk menyelenggarakan pendidikan agama islam bagi anak-anak melalui penyelengaran Tman kanak-kanak Al Qur'an dan Taman Pendidikan Al Qur'an yang berdiri mulai tahun 1965.

Sebagai masyarakat yang peduli terhafap pendidikan, makasudah selayaknya kita berusaha mengembangkan pendidikan keagamaan tersebut. kemudian lembaga pendidikan ini berkembang dengan menyelenggarakan madrasah diniyah takmiliyah awaliyah.

Oleh karena itu, diharapkan melalui pendirian madrasah diniyah Al Huda ini pendidikan keagamaan tersebar dengan cepat khususnya di lingkungan Dusun/desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dan masyarakat luas pada umumnya.

Madrasah Diniyah ini berdiri diatas tanah wakaf dari bapak H. Suhada bin Sastrawijaya (alm) dan sekarang telah mendapat pengakuan dari pemerintah melalui surat izin operasiomnal pada tahun 1965.


  1. TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH


Tujuan Madrasah

"Meningkatkan kualitas pendidikan agama islam yang handal sebagai bekal generasi masa depan dalam menghadapi tangtangan zaman ".


Visi

"menjadikan diniyah takmiliyah awaliyah Al huda sebagai lembaga yang dipercaya dalam membentuk generasi islami yang berwawasan tinggi dan mandiri yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT ".


Misi

  • Meningkatkan kualitas pendidikan agama islam
  • Membentuk generasi yang berakhlak mulia
  • Mendorong terciptanya generasi yang berwawasan luas
  • Menciptakan insan yang berbudi luhur

    Strategi

    1. Memberi layanan pendidikan secara terpadu dengan mengoptimalkan saranaprasarana dan dan pendukung program-program pendidikan agama islam,

    2. Mengupayakan hubungan yang harmonis dengan pihak-pihak yang punyakepedulian tehadap upaya peningkatan pendidikan agama islam,

    3. Mengupayakan layanan pendidikan yang seimbang serta sesuai kebutuhan, potensi dan daya dukung yang dimiliki.


  1. KURIKULUM DAN KBM


Salah satu pengelolaan kurikulum dan mempersiapkan proses pembelajaran di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Huda adalah dengan penyusunan programan tahunan, program semester, agenda harian, alat evaluasi dan sarana pendukug lainnya.

Adapun kurikulum yang digunakan oleh madrasah Diniyah Al Huda adalah kurikulum yang mengacu pada standar nasional kurikulum diniyah berbasis kompetensi. untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan dalan kurikulum, Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Huda memiliki program kegiatan belajar mengajar yaitu :

1. Prorgam pokok terdiri atas Al Qur'an Hadits, ibadah Syari'ah, aqidah akhlak, SKI, dan Praktek ibadah,

2. Program ekstra kurikuler, diantaranya : kaligrafi, murotal, tahfid Qur'an, seni Rebana dll,

3. Program khusus, yaitu : pembiasaan shalat berjamaah, tadarus Al Qur'an.


  1. EVALUASI PEMBELAJARAN


    Untuk mengetahui ketercapaian kurikulum dan daya serap santri, maka Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Huda mengadakan beberapa evaluasi yaitu :

    1. Ulangan harian

    2. Ulangan tengah semester

    3. Ulangan Akhir semester


  2. PERSONALIA MADRASAH


    1. Kepala madrasah : Omang Komarudin, S.Pd.I
    2. Wakil kepala : Ejen Zaenal Muttaqin
    3. Keadaan guru

NO

NAMA

J/K

IJAZAH

JABATAN

MENGAJAR

Lilih Siti Hlaimah

P

MTS + Pontren

GURU

Kls.IV

Irah

P

SD + Pontren

GURU

Kls.III

Susi Sundari

P

MTS

GURU

Kls.I

Rina Susilawati

P

MA

GURU

Kls.II


  1. Keadaan Siswa

NO

KELAS

JENIS KELAMIN

JUMLAH

LAKI-LAKI

PEREMPUAN

Pra Diniyah A

18

10

28

Pra Diniyah B

9

8

17

I Ula

10

9

16

II Ula

15

12

27

III Ula

6

10

16

IV Ula

6

7

13

I Wustha

3

7

10

II Wustha

-

-

-

Jumlah

67

64

131


  1. Keadaan Bangunan

NO

NAMA

JUMLAH

KEADAAN

KET

Ruang Kantor

-

-

Ruang belajar

3

Cukup

Ruang perpustakaan

-

-

Mesjid

1

Cukup

WC

2

Cukup

Tempat wudlu

3

Cukup

Jumlah

9

  1. Administrasi Pendidikan
  • Buku induk Siswa
  • Absen Siswa
  • Absen Guru
  • Buku Laporan Pendidikan
  • Buku Daftar Nilai
  • Kartu Hafalan Siswa
  • Kartu Infaq Santri
  • Buku kas infaq Siswa
  • Kurikulum
  • Program Tahunan
  • Program semester
  • Agenda Harian
  • Notula Rapat
  • Jadwal Pelajaran
  • Kalender Pendidikan


  1. Sumber Pendanaan Madrasah
  • Infaq Siswa : Rp 1.500,-/siswa/bulan
  • Donatur Tetap
  • Padi Perpanen


  1. Sarana Belajar
  • Buku Paket dari Depag
  • Buku-buku Perpustakaan
  • Meja, Kursi Guru
  • Papan Tulis
  • Alat Peraga


  1. Kedaan Lapangan
  • Lapangan Bermain


BAB II

ANALISIS SWOT TENTANG KEBERADAAN

DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HUDA


  1. Kelebihan Madrasah (Strenght)


  • Memiliki warga belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Kelompok Bermain)
  • Terjangkau alat transportasi
  • Pengadministrasian sudah berjalan
  • Adanya dukungan dari orang tua siswa
  • Adanya dukungan dari masyarakat yang berada di kota


  1. Kelemahan Madrasah (Weaknes)


  • Masih ada masyarakat yang kurang menyadari pentingnya pendidikan
  • Sarana prasarana pendukung masih terbatas
  • Tenaga ustadz/ah belum profesional serta masih bersifat relawan dan belum dapat menerima balas karyanya secara memadai


  1. Peluang (Opportunity)


  • Adanya kepedulian alumni dan masyarakat untuk memajukan madrasah
  • Adanya kesamaan cita-cita antara komite dan pengelola madrasah
  • Menggali potensi yang ada pada anak


  1. Tantangan Madrasah (Threat)


  • Mensosialisasikan keberadaan madrasah diniyah secara lebih luas ke masyarakat
  • Mengoptimalkan berbagai sarana pendukung yang ada
  • Waktu yang digunakan singkat
  1. Inovasi


Untuk mengoptimalkan madrasah diniyah, maka komite bersama pengelola madrasah diniyah berencana untuk melakukan beberapa inovasi :

  1. Menambah program untuk madrasah diniyah
  2. mengadakan study banding dengan diniyah yang telah maju
  3. Menambah pengetahuan Ustadz/ah dengan mengikuti pembinaan yang silaksanakan oleh KKDT tingkat kecamatan
  4. Menambah sarana dan prasarana yang diperlukan antara lain :
    1. Pengadaan mebeler meja siswa
    2. Pengadaan ruang Guru
    3. Pengadaan Ruang Perpustakaan
    4. Penambahan buku-buku perpustakaan
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan agama islam,
  6. Mensosialisasikan Madrasah Diniyah secara lebih luas


  1. Prestasi


Sampai saat ini, Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Huda belum meraih kejuaraan dalam bidang apapun karena jarangnya mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan, baik di tingkat KKDT kecamatan maupun di pestipal-pestipal lainnya.


BAB III

KESIMPULAN


Diniyah Takmiliyah Al Huda merupakan salah satu diniyah yang secara program pembelajaran dan pelaksanaan proses mangajarnya serta pengelolaanya telah mengacu pada setandar pengelolaan madrasah yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi. akan tetapi kendala-kendala itu tentu saja akan menjadi pemicu bagi keberadaan madrasah diniyah ini untuk lebih meningkatkan kualitasnya.

Dengan adanya diniyah takmiliyah awaliyah al huda ini, diharapkan dapat menjadi sarana pembentukan generasi islam yang memiliki kualotas keimanan dan ketaqwaan yang handal dan berakhlak mulia sehingga mampu menghadapi tangtangan zaman.